Keindahan Gili Meno Lombok

Kenyamanan dan Ketenangan, perasaan itu yang akan anda rasakan ketika menginjakkan kaki di Pulau Gili Meno. Pulau Gili yang satu ini menyuguhkan anda suasana alam yang tenang dan damai. Tak heran bila Gili Meno menjadi salah satu tempat tujuan untuk berbulan madu.
Jika di Gili Trawangan anda akan menemui suasana yang meriah dengan berbagai event – event menarik, sedangkan di Gili Meno anda akan disuguhkan suasana ketenangan yang eksotis. Tidak banyak wisatawan yang berkunjung ke Gili ini. Gili yang paling kecil dan paling tenang ini diapit oleh 2 Gili yang sudah terkenal yaitu Gili Trawangan dan Gili Air. Sehingga dengan pemandangan dua gili di seberang sana, keindahan Gili Meno ini semakin sempurna untuk berbulan madu.
Seperti halnya gili – gili lainnya, di Gili Meno anda juga bisa menikmati keindahan bawah laut yang tak kalah eksotisnya. Anda bisa melihat gugusan karang dan biodiversitasnya dengan ber-snorkling, menyelam, ataupun hanya sekedar berenang saja. Setelah puas bermain di perairan, Anda bisa berbaring di pantai berpasir putih, sembari menikmati pemandangan birunya laut.
Gili Meno Lombok. Di bagian barat pulau ini, anda juga bisa mengunjungi sebuah Danau Air Asin yang hanya ada di Gili Meno ini. Danau ini cukup luas, dikelilingi oleh hutan bakau yang menjadi sarang bermacam jenis burung dan salah satunya adalah Burung Elang. Jika anda kurang puas dengan kicauan burung-burung di danau ini, anda bisa mengunjungi Bird Park yang berlokasi di Bird Park Homestay Gili Meno. Tak cuma mendengar kicauannya saja, anda juga bisa melihat secara langsung berbagai jenis – jenis burung. Dan disini anda juga berkesempatan untuk menyentuh burung-burung tersebut, tentu saja atas seijin petugas penjaga taman. Taman burung ini terletak tepat ditengah-tengah Gili Meno, sekitar 100 Meter dari Danau Air Asin. Pada senja dan malam harinya, Anda bisa bergabung dengan penduduk setempat untuk menangkap ikan dan berburu.

Gili Meno
Aktivitas lainnya yang menarik yang bisa anda lakukan di Gili Meno adalah menjelajah gili ini. Karena ukurannya yang relatif kecil, anda dengan mudah bisa mengelilingi Gili Meno ini sembari menikmati sunset. Jika ragu dengan fisik anda, anda bisa mengelilingi gili ini dengan menyewa Cidomo atau Sepeda.
Gili Lombok yang satu ini mempunyai daya tarik yang tidak bisa anda tolak. Jadi pastikan Gili Meno dimasukan dalam daftar tempat wisata yang harus anda kunjungi. Untuk mencapai Gili Meno Anda bisa menempuh 2 alternatif jalur. Yang pertama, jalur tepi pantai dengan rute Mataram-Senggigi-Pemenang. Jalur ini aken memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan. anda bisa menempuhnya dengan mengendarai mobil atau sepeda motor. Di sepanjang jalur ini, anda akan disuguhkan pemandangan birunya laut yang dibingkai dengan putihnya pasir pantai. Jalur ini dibuat dengan mengikuti kontur daratan. Sehingga di beberapa tempat anda akan mendapati pemandangan yang sangat sayang untuk dilewatkan. Seperti di Bukit Malimbu dan Bukit Serumbu. Pastikan anda berhenti sejenak di tempat tersebut. Waktu yang tepat adalah sore hari. Sehingga anda bisa sekalian beristirahat sejenak, sambil menikmati cemilan dan menikmati pemandangan dengan latar belakang sunset.
Jalur yang kedua untuk mencapai Gili Meno yaitu melewati rute Mataram – Pusuk – Pemenang. Rute ini sangat tepat bagi Anda pecinta kekayaan hayati, karena Anda akan melewati Pusuk Pass. Di Pusuk Pass anda bisa berhenti sejenak untuk beristirahat, sembari menikmati rerimbunan hutan dan “berburu” kera. Rute yang ini menempuh jarak yang lebih singkat, yaitu sekitar 45 Menit perjalanan.

Selain 2 alternatif menuju Gili Meno dari Lombok, kita juga memiliki alternatif menuju Gili Meno dari Bali. Yaitu dengan menggunakan fast boat atau kapal cepat yang berangkat dari pelabuhan Padangbai Karangasem. Akan tetapi fast boat ini tidak bisa direct ke Gili Meno, karena mereka tidak memiliki dermaga disana. Jadi anda harus transit melalui Gili Trawangan dengan menggunakan public boat.
Rute manapun yang dari Lombok diwajibkan anda harus mencapai dermaga Bangsal terlebih dahulu untuk kemudian menyeberang ke Gili Meno. Anda bisa menaiki public boat, atau menyewa perahu sendri, atau jika anda beruntung, anda bisa juga bergabung dengan kelompok wisatawan lainnya. Penyeberangan ke Gili Meno relatif cukup lama, namun pengorbanan tersebut akan sepadan dengan keindahan Gili Meno yang akan menyambut anda. Pastikan anda juga mengunjungi pulau-pulau yang berada di sekitar Gili Meno, seperti Gili Trawangan dan Gili Air. Anda akan menemui suasana yang berbeda di kedua gili ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *